Korea in Brief (1)

Sekilas tentang Korea yang kuketahui






Musim
Korea tertletak di zona temperatur yang memiliki perbedaan empat musim. Akhir Maret sampai awal April ditandai dengan daun-daun dan pepohonan yang rimbun. Ini adalah awal Musim Semi (Spring). Biasanya suhu udara hangat sepanjang hari terutama dari Bulan Maret sampai Mei.

Bulan Juni, temperatur rata-rata 20 derajat celcius. Tanaman tumbuh subur, meski terkadang hujan turun. Musim Hujan biasanya diakhir Bulan Juni sampai akhir Bulan Juli. Sedangkan Bulan Agustus, cenderung panas dan lembab.

Musim berikutnya, Musim Gugur, akhir Bulan September sampai Akhir November.. membawa angin yang sejuk, bersih dan udara kering. Bulan ini digemari, karena merupakan musim yang menyenangkan. Bunga khas Korea, Mugunghwa mekar dari Juli sampai akhir Oktober.

Desember sampai Februari adalah Musim Dingin dengan turunnya salju.. Namun sebagian orang juga menyambut datangnya musim dingin, karena mereka bisa bermain ski di daerah pegunungan


Istana Gyeongbok


adalah istana tertua semasa Dinasti Joseon. Didirikan oleh Raja taejo. Ini adalah paling lengkap dan terbesar dari 5 istana yang dimiliki oleh Dinasti Joseon

Sejarah Kerajaan pertama di Korea adalah Gojoseon yang merupakan kerajaan sangat tua dari tahun 2333-108 BC, setelah itu dilanjutkan dengan tiga kerajaan : Goguryeo, Baekje, dan Silla yang memerintah semenanjung Korea sampai Manchuria. Mereka sangat berkuasa. Periode antara 57 BC-668 AD dikenal sebagai “Three Kingdoms Period”. Selanjutnya ada beberpa kerajan dan dinasti, yakni Goryeo (918-1393). Konon, kata “Korea” berasal dari “Goryeo”. Dinasti Korea terakhir adalah Joseon yang memerintah dari tahun 1392-1910. Seoul sebagai ibu kota, dikukuhkan tahun 1394.

Invasi Jepang di semenanjung Korea, terjadi pada tahun 1910 mengakhiri Dinasti Joseon. Kolonialisme Jepang selama 35 tahun berakhir pada akhir Perang Dunia ke-2 tahun 1945. Korea pecah menjadi dua, Korea Selatan masuk dalam dunia bebas dan Korea Utara yang masuk dalam blok komunis.

Didalam Istana
Bangunan lain dari kompleks istana


Ski Resort
Sebagai negara yang memiliki empat musim dan salah satunya adalah musim dingin, tentu saja Korea menyediakan tempat dan sarana utnuk bermain ski. Phoenix Park adalah lereng diketinggian bukit dimana curah salju setiap tahunnya sangat tinggi. Sehingga memungkinkan orang bermain ski. Disini disediakan penyewaan perlengkapan untuk bermain ski. Dengan mengeluarkan sejumlah 50 USD kita dapat (paling tidak) mencoba berseluncur.. gak sah kalau tidak jatuh..










Bahasa dan National Folk Museeum
Bahasa Korea diklasifikasikan dalam Group Bahasa Ural Altaic seperti Bahasa Turki, Hungaria dan Mongolia. Tulisannya bernama Hangeul, yang terdiri dari 10 vokal dan 14 konsonan. Dalam satu kata, terdiri dari beberapa syilabic yang setiap unitnya terdiri 2 sampai 3 huruf.
National Folk Museum of Korea berlokasi didalam pekarangan Istana Gyeongbokgung yang menampilkan gaya hidup orang-orang Korea, sejak jama Prehistoris sampai masa Dinasti Joseon.

Hanbok










Adalah busana tradisonal kahas Korea yang digunakan selama ribuan tahun. Bahannya tidak kaku, bila dipakai terasa luwes dan longgar . Merupakan ciri khas kecantikan dan keanggunan wanita Korea. Datangnya “western-style” menyerbu Korea 100 tahun yang lalu, membuat gaun ini jarang digunakan. Orang Korea lebih suka menggunakan T-shirt, jeans, jaket, celana panjang, dll. Sedangkan busana tradisonal hanya dikenakan saat tertentu, misalnya perkawainan atau acara keagamaan

Kimchi School Korean Food

Kimchi dan Ginseng
Dalam makanan, menu yang disajikan biasanya terdiri dari nasi, sop dan lauk lain. Namun yang esensial adalah Kimchi. Hampir setiap penyajian makanan selalu ada Kimchi.


Turis yang datang ke Korea pun senantiasa diajak ke “Kimchi School” untuk mengetahui bagaimana membuat Kimchi yang berasal dari sayuran sawi putih, difermentasi sedemikian rupa antara lain garam, cabai dan bumubu lainnya. Disajikan bersama dengan galbi (ribs), gochuang (Korean chili paste) dan Dried Songi (pine mushroom). Kimchi sebagai makanan wajib, dipercaya menambah kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit. Tentang Gingseng, Korea sebagai negeri asalnya ginseng, juga menjualnya, baik sebagai obat, maupun sebagai bahan kosetik. Dipercaya sebagai penambah stamina dan pencegahan kanker serta menangkal efek radikal bebas. Kalau dalam makanan suka ditambahkan dalam sop.

Belajar bikin Kimchi









Dongdaemun dan Namdaemun Market

Pusat perbelanjaan terkenal di Korea, khususnya di Seoul adalah Dongdaemun. Ada berbagai mall modern disini. Produk populer yang dijual adalah pakaian, barang dari kulit, berbagai keperluan perempuan dan anak-anak, sepatu, perlengkapan olah raga, dll. Kalau pusat perbelanjaan disini, hampir sama dengan negara kita, banyak Mall mewah terutama di Jakarta, sepeti Senayan City dan Plaza Indonesia. Yang biasanya diserbu adalah pertokoan yang tak jauh dari lokasi, yakni Namdaemun Market, disini areal pertokoan terbukan boleh ditawar barangnya.. berbagai macam keperluan ada disini.. mau yang “copy” juga ada.. tapi tergantung infonya.. harus tanya ke travel guide dahulu, karena dijualnya sembunyi-sembunyi..

Dongdaemun

Namdaemun

















Incheaon Airpot

Terletak 52 km sebelah barat Kota Seoul. Sebuah bandara yang canggih, megah dan indah.. semua serba teratur dan bersih. Mohon jangan dibadingkan dengan bandara di negara kita ya..

Salam,
Meita.







Naminara Phoenix Resort

Comments

Blog dan isinya menarik, mbak. Keep writing (Yusuf)
kyaine said…
seminggu ini sdh ada 2 teman narablog yg bercerita ttg perjalanan ke korea.. :)

kapan ya saya bisa berkunjung ke sana juga?
kyaine said…
btw, komeng pake WP nggak diijinkan ya mbak :P

Popular posts from this blog

Safari Dakwah Ranah Minang

Pengalaman berobat ke Melaka (2)

How Lucky You Are