Safari Dakwah Ranah Minang

Pada tanggal 15- 16 Mei 2007, kami Jamaah Pengajian ORBIT mengadakan kunjungan safari dakwah ke Ranah Minang dengan menggunakan pesawat LION AIR terbaru seri 737-900ER. Jumlah jamaah yang turut serta kurang lebih sebanyak 100 orang . Kami memang berasal dari jamaah pengajian ORBIT.

Jamaah Pengajian Orbit memang beragam.. lintas profesi. Ada wartawan, politikus, pengusaha, penulis, pragawati, model. Ada juga tokoh akademisi, yakni Dekan FISIP UI Prof. Dr. Gumilar Rusliwa Somantri. Tapi yang membuat suasana lebih "hidup", pengajian ini didominasi para artis ibukota, antara lain Primus, Jihan Fahira, Zaskia Mecca, Ferry S Anwar, Cici Tegal, Meidiana Hutomo, Astrie Ivo, Ineke Koesherawati, Raka, Berliana, Eksanti, Yatti Oktavia, Eva Arnaz, Ida leman, Baby Zelvia, Hengky Tornado, Erna Libby , Indah Gita Cahyani dan masih banyak lagi..


Di_depan_pesawat_lion_air_terbaru

Selasa 15 Mei 2007, Pukul 7 Pagi, seluruh peserta berkumpul diterminal I A untuk persiapan keberangkatan dan pengambilan boarding pass. Saya dan Mbak Afni yang berangkat bersamaan, hadir pukul 6.30. Kami pikir datang paling pagi.. eh ternyata Mbak Baby dan Mas Hengky sudah lebih dahulu tiba disana.. katanya takut terlambat, takut terkena macet, jadi begitu sholat Subuh langsung berangkat, walhasil tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 6 pagi.. Wah semangat banget ya !

Satu demi satu hadir.. semua terlihat antusias.. tepat waktu dan tidak ada yang terlambat.. tampak Indah Gita Cahyani datang tergopoh-gopoh. Sambil menyeret "traveling bag"nya, dia juga membawa sebuah tas plastik besar.. "Apaan tuh mbak?" tanya saya. "ini nih..he..he... sambil memperlihatkan isinya". Ternyata dia bawa bantal, katanya supaya bisa tidur nyenyak di bus, di pesawat, di penginapan, .. pokoknya bantal ini harus ada, begitu katanya. Wah, niat banget (tidur) ya .. he..he..

Lalu tiba di bandara, Yolanda. Penyanyi dangdut ini memakai topi berenda penutup rambut warna pink, blus putih-pink dan bawahan.. juga pink.. Hmmm... serasi sekali dengan wajahnya yang imut dan rona pipinya yang pink berseri-seri, cerah ceria. Di terminal kami dibagikan topi dan pin bertuliskan "Jamaah ORBIT the new moslem generation". Mengapa dinamakan ORBIT? bahwa semua yang ada dilangit dan di bumi bertasbih memuji nama Allah. Tasbih mereka seperti lingkaran orbit.. berputar "anti clockwise" , selayaknya manusia berputar, berthawaf , bertasbih mengelilingi Ka'bah di Mekkah Al Mukaramah, mendekat kepada Allah SWT. Boleh juga bila ada yang ingin mengartikan ORBIT singkatan dari Orang Beken Ingin Taubat.. atau Orang Beken Ingin Taqwa atau arti lainnya. Nanti deh dibuat sayembara.. mana yang paling bagus.. katanya berseloroh..

P5150073


P5150171 Pesawat berangkat pukul 08.05 WIB. dan menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Pesawat yang kami tumpangi memang benar-benar masih baru.. gress.. Humas Manager Lion Air , Pak Hasyim Arsal Al Habsyi mengatakan bahwa pesawat seri 737-900ER ini baru pertama keluar dari pabriknya dan kita sebagai pemakai pertama. Lion Air memesan sebanyak 60 unit pesawat Boeing seri tersebut.

Ketika pesawat hendak take off, kami para penumpang saling terdiam dan khitmat berdoa masing-masing.. selesai berdoa, saya lihat Pak Hasyim yang duduk di samping depan saya masih komat-kamit berdoa sambil menengadahkan tangan.. Khusyu sekali.. saya turut meng-Aminkan dari belakang.. Mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan doanya dan doa kita semua.

Dalam kesempatan penerbangan ini, kami juga berdoa untuk yang berulangtahun tepat pada hari ini, 15 Mei, yakni Meidiana Hutomo.. dari atas pesawat Ustadz Wafiuddin mendoakan untuk Meidi. Semoga Allah SWT senantiasa melindunginya dan memberi kebahagiaan dunia dan akhirat. Amiin Ya Robbal Alamiin.

Pukul 09.30 tiba di bandara Bandara International Minangkabau (BIM), rombongan dibagi dalam 4 bus, yakni Bus Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tabligh. Saya berada dalam Bus Fathonah antara lain bersama Bunda Hakim, Ibu Tilla (dari Majalah Noor) Wellya Safitri (Waksekjen PAN), Erni Susi (designer), Denny (suaminya Marini Zumaris), Ida Leman (Mbak Pur "Losmen"), Uci (penari), Teguh Juwarno (humas, politisi, wartawan), dan para artis/aktor lain seperti Indah Gita Cahyani, Raka Hafit, Eva Arnaz, Tinna, Bu Yahya, Mbak Afni dan.. Primus. Suasana didalam bis penuh dengan keceriaan.. Mbak Ida dan Mas Teguh saling berbalas cerita lucu.. , seru sekali.. rasanya sudah lama tidak tertawa lepas seperti ini.. Tapi Mbak Eva Arnaz senantiasa menasehati agar kita senantiasa menjaga mulut.. supaya tidak berbicara hal-hal yang tidak diperkenankan Allah. .. hmm benar juga ya mbak.

Pukul 11.00 Makan siang di restoran sate "Mak Syukur". Karena sudah lapar.. sate padang langsung habis dalam sekejap.. hmm.. nikmat. Konon, katanya Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan isteri juga pernah mampir makan sate disini..

P5140053 Pukul 11.30 kami mengunjungi Kompleks Perguruan Muhamamadiyah Kauman Padang Panjang untuk memberikan bantuan akibat gempa yang melanda Padang beberapa waktu lalu, sehingga beberapa bangunan tampak retak-retak dan dikhawatirkan runtuh. Mbak Afni, yang orang Padang (tapi lama tinggal di Medan), sangat senang sekali, dia mengatakan bahwa dirinya lulusan sekolah tersebut, meski tinggal di Medan tapi orangtuanya menghendaki agar anaknya bersekolah di SMA Muhammadiyah Kauman Padang Panjang ini. Mbak Afni sempat nangis-nangis, tapi akhirnya dia sangat menikmati, karena guru-gurunya baik-baik. Bahkan katanya dia dan beberapa temannya sempat bolos dan kabur ke BukitTinggi.. karena disana sering ada acara kesenian. Meski ketahuan oleh guru, tapi mereka tidak marah. Kesempatan ini tentu saja dimanfaatkan oleh Mbak Afni untuk bernostalgia, katanya, "ini dahulu asramaku.. , kamarku disebelah sana.." Beliau bahkan bertemu dengan gurunya yang ternyata masih tetap mengajar. "Mbak.. sekalian laporan gak ke pak guru kalau dahulu sering bolos atau kabur? he..he.." tanyaku. Alhamdulillah, dalam kesempatan ini LION AIR berkenan memberikan sumbangan yang jumlahnya tidak sedikit. Mudah-mudahan menjadi amal jariah dan berkah bagi Lion Air.

P5140057 Lalu kami menuju Batipuh dekat Danau Singkarak. Panti asuhan ini hancur total akibat gempa yang menghujam Sumatera Barat Bulan Maret lalu, dan akan dibangun kembali oleh jamaah ORBIT. Dalam kesempatan tersebut, bantuan diserahkan oleh Cici Tegal dan Hengky Tornado. Seorang anak panti ketika ditanya ingin jadi apa nanti kalau sudah besar? dijawabnya dengan spontan "ingin jadi guru" . Subhanallah. Mulia sekali. Semoga cita-citamu tercapai nak..

Setelah sholat jama Dzuhur dan Ahar, kami melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi menuju penginapan dan segera check in di Novotel. Waktu menujukkan pukul 16.00. Setelah itu acara bebas hingga pukul 18. Apalagi kalau bukan dimanfaatkan untuk balanjo... dan balanjo... kalau soal ini sih heboh deh.. Pasar di sekitar hotel tempat kami menginap sepertinya semarak dengan hilir mudiknya para jamaah orbit. Astrie Ivo tampak melihat-lihat blouse sulaman bordir. Pak Ustadz Bachtiar membeli sebuah kemeja koko warna putih sulaman khas Padang yang terkenal halus itu. Raka tampak putar-putar keliling pasar, katanya mencari oleh-oleh baju untuk keponakannya. Semua tampak meriah, apa lagi kalau ada Cici Tegal.. tambah heboh, ternyata fansnya banyak orang Padang juga ya.. padahal embel-embel dibelakang namanya..Tegal. Meidi dan Mbak Yatti sibuk beli kerupuk kulit, ikan asin dan ikan asap hasil tangkapan Danau Singkarak. Erna Libby, sibuk belanja bahan pakaian.. katanya takut dimahalin.. oleh karena itu dia mengajak Mbak Afni untuk menawar dalam Bahasa Padang, katanya supaya dikasih murah.., hmm .. boleh juga, ..kan namanya usaha..

P5150162 Pukul 18.00 berangkat menuju Masjid Baitul Jalal Pasar Atas Bukit Tinggi untuk sholat Maghrib dan Isya. . Dalam kesempatan tersebut para jamaah ORBIT memberikan bantuan kepada Mesjid Baitul Jalal yang disampaikan oleh Bonita (penyiar) dan Primus. acara dilanjutkan tausyiah oleh Ustadz Wafiuddin. Tampak jamaah ORBIT dan jamaah mesjid semuanya sungguh-sungguh mendengarkan pesan dari pak Ustadz tersebut.

Acara makan malam.. di restoran Padang (lupa namanya), tapi masakannya uenakk deh.. sungguh suasana makan malam yang akrab dan nikmat.. berbagai jenis masakan lezat tersaji didepan mata. Tapi sebagian tampak hanya icip-icip saja, takut gemuk katanya, jadi tidak mau makan pakai nasi, padahal hmm.. nikmat..apalagi kalau makannya pakai nasi, lebih nikmat lagi.

Pukul 21.00 tiba di penginapan, langsung istirahat. Saya dan Mbak Afni yang satu kamar, menyempatkan diri mampir ke kamar Mbak Ida Leman dan Bu Yahya.., dia punya inisiatif bawa peralatan karaoke.. jadi kami menyanyi dan mengobrol sampai pukul 11. Uniknya, selesai menyanyi, di layar televisi otomatis tertulis nilai "score" suara kita, jadi kami berlomba-lomba untuk meraih nilai tertingggi. Dan juaranya adalah Wellya dengan nilai 97. Mbak Ida saja "hanya" mencapai nilai 80. Erni Susie "mentok" di angka 83. Acara ini "only for women.." jadi..seru banget deh..

Pukul 04.30 Kami sudah berkumpul di aula untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, lalu diisi Tausyiah oleh Ustadz Bachtiar Nasir. Tampak beberapa jamaah dengan tekun mendengarkan tausyiah, bahkan Mbak Eva Arnaz sibuk mencatat kajian Al Quran yang dibawakan oleh Ustadz Bachtiar. Primus yang berada dibarisan depan tampak tekun dan sungguh-sungguh mendengarkan uraian dari Ustadz Bachtiar. Kata Pak Ustadz kita harus menuntut ilmu sunggguh-sungguh, janganlah menjadi orang yang buta, pekak dan tuli sehingga tidak mengerti apa-apa. Oh ya sebelumnya juga dilantunkan ayat-ayat suci Al Quran oleh penyanyi dangdut Yolanda. Subhanallah suaranya bangus.. dan membawakannya juga tertib dan tartil.

P5150069 Sarapan pagi diiringi alunan musik tradisional Padang.Pemandangan di sekitar hotel sangat indah.. Kami menyempatkan diri berfoto sejenak

P5150072

ditengah suasana pagi yang sejuk dan segar. Lalu kami bersiap-siap untuk check out.

P5150087P5150080 Pukul 07.00 berangkat menuju Danau Maninjau , dan singgah sejenak di Rumah Gadang Datuk Moro (keluarga Mediana Hutomo). Sebuah rumah panggung yang besar dan antik.. sungguh warisan budaya yang harus tetap dipelihara.. Ibunda Meidi adalah puteri pertama dari Datuk Moro.

P5150109P5150108 Dari rumah gadang tersebut, Lalu singgah sejenak di Hotel Nuansa Maninjau untuk melihat panorama danau Maninjau nan indah.. sungguh, pemandangan yang menakjubkan. Astrie Ivo dan puteranya Kevin mengatakan bahwa baru kali ini berkesempatan mengunjungi Danau Maninjau. Kesempatan ini tentu saja dimanfaatkan untuk saling berfoto-foto. Zaskia Mecca dan Raka tak ketinggalan berfoto ria..

P5150141_1 Sekitar Pukul 10 pagi, perjalanan dilanjutkan menuju tempat kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang. Beliau ulama besar tanah air. Beliau juga seorang satrawan yang menghasilkan buah karya besar. Salah satunya adalah Dibawah Lindungan Ka'bah. Yaang kalau kita membacanya pasti menangis.. Lalu kami memberi bantuan sosial yang disampaikan oleh Meidiana dan Nicky. Dalam sambutannya, Bang Din mengatakan bahwa dahulu, tradisi Minang para pemudanya belajar di surau dan kaum puterinya belajar agama di rumah gadang. Dahulu pula orang-orang dari luar belajar agama di pesantren di Minang, tapi sekarang pemuda disini lebih banyak ke Gontor. Oleh karena itu beliau berencana ingin menghidupkan kembali pesantren ranah Minang, dan bahkan akan membangun pesantren di daerah Sungai Batang ini.Kami juga menyempatkan diri mampir ke Mesjid Raya Bayur "Birul Walidain". Mesjid ini bagus.., mirip mesjid di Puncak Jawa Barat. Airnya dingiiin...

P5150088_1 Pukul 12.30 kami menuju Padang untuk segera ke bandara. Kami sholat lalu makan siang agak terburu-buru, karena Pesawat Lion Air yang akan memberangkatkan kami ke Jakarta akan lepas landas pukul 15.00. Dar dalam jendela bis, kami disajikan pemandangan yang indah dan menawan . Danau Maninjau serta rumah-rumah disekitarnya dihiasi oleh bunga warna warni.. sangat asri. Subhanallah.. Subhanallah.. (maaf upload fotonya miring)


Jakarta, 23 Mei 2007

-meita-

P5150067P5150089P5150083P5140023

P5140026 P5140021 P5140033 P5150084

P5140016 P5150076

Comments

Anonymous said…
If you generally obtain [url=http://www.uggshop-outlet.com]ugg outlet[/url] and accessories, finding low-cost or discounted UGG solutions is important since these boots costs an arm and leg, and considering that there are several varieties of UGG boots to order to fit your diverse types. You actually wouldn't do very well on winter with out these boots to produce you with heat and convenience that no other footwear can provide. But there are methods to save lots of dollars on these boots. One of the ideal way is always to [b]ugg sale online[/b] .
There exists a variety of UGG for all occasions such as the slippers for residence use, the brief boots to go along with pants, and also the hottest type will be the tall UGG boots with skinny jeans. In addition there are many of hues to choose from. There's the red, the blue, the chestnut and several additional, but this also implies that you'll have lots of UGGs to get, and that's why you are going to must count on on the internet outlets and their savings. But beware, there are numerous counterfeit UGG footwear for sale over the internet.
While looking for http://www.uggshop-outlet.com cheap UGGs is tiring it could possibly also be gratifying. You may be up-to-date along with the most current vogue trends therefore you will constantly be up to date if there'll a different release of Ugg merchandise. You might always be the primary to get an UGG boot on sale ahead of any within your close friends does. The downside is you might get addicted with obtaining low cost UGGs, and just before you understood it that you are currently on the market acquiring a lot of heat and comfy UGG boots because no other brand name of boot can provide you precisely the same encounter. Incase this transpires to you personally, on the web purchasing will likely be your best close friend. But make sure to appear for the genuine UGG boots. You may tell a fake in the actual a single by checking the print around the boots. Authentic Australian UGGs have obvious and specific logo print whilst fake kinds have messy and at times incorrect printing of the brand. Also, among the list of best technique to stay away from counterfeit UGG footwear is usually to check the official UGG web site. Each of the authorized merchants and onlines UGG merchants are detailed in there. You could possibly also check the design from the [b]ugg outlet store[/b] that you simply are interested in buying then see if it appears about the official UGG internet site. If it is not there then there's a large likelihood that it is a pretend.
Anonymous said…
[url=http://ribavirin.webs.com/]copegus 100 mg
[/url] rebetol
buy virazole
rebetol online
Anonymous said…
[url=http://isabellemarant.yolasite.com/]isabel marant jeans[/url]
[url=http://isabelmarant1.skynetblogs.be/]isabelle marant online[/url]
[url=http://isabellemarant.yolasite.com/]isabell marant[/url]
http://isabellemarrant.blogsky.com/1391/10/04/post-3/
http://isabellemarant.hpage.co.in/isabel_marant_shop_online_7609198.html
http://isabelmarantbasket.skynetblogs.be/
Anonymous said…
We [url=http://www.singapore-casino.ws/]blackjack[/url] be subjected to a ample library of totally free casino games for you to sport privilege here in your browser. Whether you pine for to unaccustomed a provisions game master plan or scarcely sample manifest a occasional modern slots before playing seeking genuine filthy lucre, we procure you covered. These are the exacting same games that you can engage at earnest online casinos and you can part of them all for free.
Anonymous said…
Amoxil en ligne
amoxicilline gastrite
acheter Duphamox
amoxicilline chlamydia
amoxicilline vente
Anonymous said…
Hello. And Bye.
Anonymous said…
Hello. And Bye.
Anonymous said…
Make sure that you are psychologically ready for your plastic surgery. Some physicians might even make you go to a psychiatrist before, your treatment. Not just is it necessary to be well prepared for side effects, but you must be well prepared for the way you might look after your surgical treatment. [url=http://www.x21w12w21.info]Pr334de13[/url]
Anonymous said…

Our updates Recent articles:
Anonymous said…
Any person thinking of plastic surgery associated with a kind should be sure to perform enough study. To discover the most qualified doctors inside their place. By asking the best queries about experience levels and educational background, it can be probable to ensure that you have determined the perfect skilled for your certain requirements, and concerns. [url=http://www.ss12w12ws.info]Appenffk8dti[/url]
Anonymous said…
Are you presently thinking about surgical treatment? Well then help it become occur. You are going to be sorry for not getting surgical treatment in the future if you do not exploit the chance now. Hopefully, everything should go effectively and it ought to in the event you use every piece of information you learned nowadays out of this write-up.Straightforward Strategies To Your Allergic reaction Issues [url=http://www.ss12w12ws.info]Spidfdbs4ny[/url]
Anonymous said…

за 1 тыс руб.
[url=http://mp3lists.ru/][color=#E4F4FE] [/color][/url]
Anonymous said…
jacjogrdzonma54 would love to constantly get updated great blog ! .


large unsecured personal loans
Anonymous said…
jacjogrdzonma54 I am forever thought about this, regards for putting up.


emergency loans for poor credit

Popular posts from this blog

Pengalaman berobat ke Melaka (2)

How Lucky You Are