The Swirling Chinese Wind (2)

BEIJING FEELING


Olimpiade Bejing 2008



Beijing_2008 Memasuki Beijing sangat terasa suhu dingin merasuk hingga ke tulang. Saat itu pesawat mendarat pukul 6 pagi. Pilot menerangkan bahwa suhu berkisar 2 derajat Celcius. Namun semarak Kota Beijing membuat kami merasa sedikit hangat. Bagaimana tidak, suasana Olimpiade Beijing 2008 seakan-akan turut menyambut kedatangan kami. Spanduk, iklan dan gambar maskot olimpiade tersebut banyak terpampang di papan iklan seantero kota.



Bird_net Bagi warga Cina, ajang olimpiade internasional ini merupakan sebuah penggabungan dari Olympic Spirit dan Budaya Cina melalui dialog antar peradaban dunia dan peradaban Cina. Stadion Olimpiade dibangun dengan megah dan indah, bentuknya unik, mirip sarang burung. Stadion ini dinamakan ”Bird Net”



Olimpiade_doll
One World, One Dream. ”Fuwa : Welcomes You”, begitulah bunyi slogan di salah satu billboard. Fuwa adalah maskot olimpiade. Terdiri dari 5 boneka, yakni Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini. Bila digabungkan menjadi Bei Jing Huan Ying Ni. Beibei bermakana doa dan harapan. Jingjing adalah panda lucu, lambang dicintai oleh seluruh dunia. Huanhuan simbol api olimpiade, yang menggelorakan semangat : faster, higher, stronger. Yingying, simbol dari cepat, tangkas, pantas. Nini adalah burung layang-layang yang menyebarkan salam ”good luck to you”.


Summer Palace


Summer_palace_danau



Pada awalnya bernama Garden of Clear Ripples. Dibangun pada masa Dinasti Qing, yakni pada jaman Raja Qianlong pada abad ke 18. Mungkin tepatnya tahun 1750. Bangunan ini merupakan hadiah ulang tahun ke 16 dari ibunya Ratu (Empress) Xiaosheng. Bangunan utamanya adalah Hall af Benevolence and Longevity. Proyek pembangunan istana ini memakan waktu 15 tahun. Berdiri dengan megah diatas bukit Logevity dengan pemandangan Danau Kunming yang jernih. Terletak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota. Pada masa Perang Opium kedua, tahun 1860, bangunan ini rusak, lalu delapan belas tahun kemudian Ratu Dowager Cixi membangun kembali dan mengumumkan penggantian nama menjadi Summer Palace.



Hall of Benevolence and Longevity


Di_depan_summer_palace





Masih disekitar Summer Palace, ada bangunan utama, yang dahulunya dinamakan Hall of Dilligent Government, Nama ini diganti pada masa Raja Guangxu. Disinilah Ratu Dowager Cixi dan Raja Guangxu menjalankan pemerintahan dan mengurus negara.

Masjid Niujie

The_oldest_mosque_in_china





Keindahan Masjid Niujie terkenal di dunia. Yang dibangun pada tahun ke 14 masa pemerintahan Tonghe dari Dinasti Liao (996) atau tahun kedua dari pemerintahan Zhidao dari Dinasti Song. Pada tahun ke 10 pemerintahan Chenghua dari Dinasti Ming (1474), kerajaan merubah namanya menjadi ”Libaisi”.


Mesjid ini mengalami perluasan dan perbaikan pada jaman Dinasti Yuan, Ming dan Qing. Yang menghasilkan tampilan simetris terpadu . Luasnya lebih kurang 6000 meter persegi,

Masjid ini menghadap ke Mekkah. Keindahannya merupakan perpaduan antara karya Cina klasik dan Arsitektur Arab.


Masjid Niujie memiliki nilai sejarah yang sangat berarti. Awalnya adalah pemakaman dari para penyebar ajaran Islam di tahun awal Dinasti Yuan. Didalam masjid terdapat naskah Al Quran yang usianya lebih dari 300 tahun.


Arsitektur_china_dsan_tulisan_arab
Bersambung...























































































































































Comments

Popular posts from this blog

Safari Dakwah Ranah Minang

Pengalaman berobat ke Melaka (2)

How Lucky You Are