The Swirling Chinese Wind (3)

THE MAGNIFICENT OF

BEIJING


Forbidden City


Salah_satu_sudut_forbidden_city








Forbidden City, dinamakan juga Museum Istana. Merupakan bagian utama dari pemerintahan dan istana pada masa Dinasti Ming dan Qing. Pada saat itu Kaisar Hung Wu dari Dinasti Ming pernah memindahkan ibu kota dari Beijing ke Nanjing di selatan, dia menyuruh agar Istana Mongol dirubuhkan. Ketika puteranya Zhu Di menjadi menjadi kaisar lalu ibukota dipindahkan kembali. Dan mulai membangun istana yang dikenal dengan nama Forbidden City pada tahun 1406.

Didalam_istana
Film drama “The last Emperor of China” yang diproduksi beberapa tahun yang lalu, mengisahkan saat-saat terakhir Kaisar Luo Pu Yi dari Dinasti Ming. Hidup tahun 1906-1967. Film ini mengambil setting lokasi ditempat bersejarah ini.


(Ada yang mengatakan 9999 ruangan, katanya angka 9 adalah angka kesukaan kaisar).Terdiri dari banyak ruangan dan pavilliun, dengan design warna merah dan kuning emas yang mendominasi.. Konon kedua warna ini hanya boleh digunakan oleh raja atau kaisar.Berdiri diatas tanah seluas 720 000 meter persegi, dengan lebih dari 9000 ruangan.

The Great Wall

Gw1







Memasuki kawasan The Great Wall sangat terasa dingin, lebih dingin dari tempat-tempat yang lain di Beijing, selain itu angin bertiup sangat kencang, kami harus berpegangan kuat-kuat.. sehingga sulit untuk menapaki anak tangga satu persatu. Karena khawatir jatuh terdorong oleh kencangnya angin, maka kami urung melangkah ke bagian tangga yang lebih curam.

Tembok Besar Cina adalah konstruksi bangunan kuno terbesar di dunia. Merupakan sitem perlindungan militer dari serangan musuh. Bangunan ini sebagai salah satu “icon” dan kebanggan penduduk Cina. Dahulu, pada masa (770-221 BC) Cina terdiri dari bebrapa kerajaan, masing-masing saling membangun tembok di wilayah teritorialnya sebagai pembatas untuk melindungi dari serbuan. Ketika Kaisar pertama dari Dinasti Qin berkuasa, dia menyatukan bagian-bagian yang terpisah, namun banyak bagian tembok yang rusak. Sekarang hanya tembok jaman Dinasti Ming saja yang berhasil dilindungi. Membentang dari Sungai Ya Lu di timur, dan berakhir di Jia Yu Guan di barat. Adalah garis baja perlindungan Cina. ”It streches more than Wan (ten thousands) Li (1/2 km) oleh karena itu dinamakan pula Wan Li Chang Cheng .. artinya The Great Wall.

Bersambung…Gw3







Comments

Popular posts from this blog

Safari Dakwah Ranah Minang

Pengalaman berobat ke Melaka (2)

How Lucky You Are